January 21, 2018

Boleh gak sih?



Pernah nonton film Finding Nemo(2003)? atau yang terbaru Finding Dory(2016)? kalau belum mungkin bisa nonton sekalian bersama dengan dua film favorite saya lainnya yaitu Happy Feet(2006) dan Happy Feet Two(2011)


Kalau kalian sudah menonton film-film tersebut mungkin gak sadar kalau filmnya banyak menggambarkan penangkapan hewan di laut.
Dari mulai Nemo yang terpisah sama orang tuanya, Dory yang terpisah sama orang tuanya, Mumble di Happy Feet yang kekurangan makanan karena ikan banyak ditangkap manusia.

Beberapa waktu lalu saya main ke sebuah tempat yang menaruh banyak ikan dalam aquarium. Lalu saya teringat dengan film-film tersebut. Terbesit di pikiran saya "manusia memang serakah" 
Memang ini adalah pertama kali saya melihat Jellyfish atau ubur-ubur secara langsung. Biasanya cuma nonton di TV, itupun liatin Spongebob berburu ubur-ubur. Saya excited sekali melihat hewan-hewan laut ini sampai nggak sadar kadang mulut menganga.
Bagi sebagian orang melihat secara langsung adalah pengetahuan, sebagian lagi melihat ini sebagai hiburan.

Boleh gak sih kita memisahkan mereka dari habitatnya? Mungkin nggak kalau suatu saat mereka rindu kampung halaman seperti kita manusia yang rindu masakan emak? 
Finding Nemo dan film-film lainnya mungkin cuma fiksi. Mungkin mereka tidak benar-benar terpisahkan dengan keluarga mereka, tapi gimana kalau hal itu benar? gimana kalau ada Nemo atau Mumble yang terpisah dari keluarga mereka.

Hei, mereka itu hewan kali mana bisa berpikir.
Baik, saya nggak tahu banyak tentang hewan atau tumbuhan karena saya nggak belajar tentang mereka.
Tapi kalau mereka memang memiliki keluarga di habitat mereka, dan mereka merasa kesepian tinggal di tempat entah berantah yang mirip dengan habitat mereka. Tidakkah manusia begitu serakah?

2 comments:

  1. jadilah seperti pattrick yg selalu menerima & menemani spongebob apa adanya, bukan ada apanya :))

    *garuk2 kepala

    ReplyDelete

Member of

Blogger Perempuan