September 10, 2015

Geektalk : WiFi Greyed out on my iPhone 4S

Kemarin baru saja nonton film Jobs. Film tentang gimana Steve Jobs dan Wozniak membangun Apple. Lamaran Jobs kepada Sculley (CEO OBI Phone sekarang) yang malah menjadi penyesalan terbesar kata Jobs mempekerjakan John Sculley adalah kesalahannya yang paling fatal. Sculley yang memecat Jobs.

Tapi kali ini saya bukan mau ngebahas soal film ini. Filmnya lumayan bagus dengan score di IMDb yang cukup bagus dan kita dihibur dengan melihat si ganteng Ashton Kutcher berperan sebagai Steve Jobs.

Setelah nonton film itu saya jadi berpikir bahwa si Jobs ini sangat jenius dan visioner. Saat itu di tahun segitu emang Apple kalah dibandingin sama IBM. Tapi coba lihat sekarang, apa yang dibilang sama Steve Jobs dulu baru tercipta sekarang. Otak dia kayak udah maju beberapa tahun, ya mungkin saat itu belum dibutuhin kecanggihan yang dipikirin sama Jobs. Sekarang lihat aja Apple jadi pioner gadget di dunia, oke saingan sama Samsung lah ya. 

Habis bangga-banggain Jobs yang visoner dan jenius itu tiba-tiba ciptaan Jobs yang terakhir sebelum dia meninggal yaitu iPhone 4s 16GB  mengalami WiFi Greyed Out. 

Apa itu WiFi Greyed Out? Wifi greyed out adalah suatu keadaan dimana wifi gak mau diidupin dan gak mau connect ke hotspot karena chip wifi mengalami over heating dan error. 

WiFi Greyed Out
opsi wifinya gak mau dipencet abu-abu aja gitu terus :(

Panik! saya lumayan panik ketika tau-tau wifi gakmau hidup. Harus gimana nih?
Akhirnya saya browsing untuk tau apa yang harus dlakukan dan apa yang terjadi sama wifi iphone 4s tersebut. Tadinya gak tau apa itu wifi greyed out (Terima kasih Google)

Langkah pertama yang gue coba adalah me-reset connection setting, restart, dan... masih tetep greyed out.

Kedua yang saya  lakukan adalah me-restore kembali iphone nya. cukup lama sampai harus ditinggal tidur. Pas bangun dan ngecek hpnya..tadaaa..... bisa! wifinya kembali bisa dipencet, dan idup masalahnya adalah... si wifi gak mendeteksi keberadaan hotspot jadi.. sama aja bohong. masalah gak terselesaikan.

Semua aplikasi  hilang dan gak bisa download semuanya lagi karena saya adalah fakir wifi yang miskin kuota. Wifi kembali gue matiin dan berharap setelah saya nyalain lagi bisa konek ke hotspot. Tapi ternyata apa yang terjadi...

Wifinya kembali mati dan gak mau dihidupin......

Karena kesal akhirnya saya aktifin mode airplane dan matiin aja hpnya seharian. 
Well, gak benar-benar seharian sih, dari tengah malam sampe pagi.
Saya idupin lagi dan si wifi kembali bisa hidup tapi tetap gak mau nangkep sinyal hotspot. 
Yaudah berarti wifi beneran rusak. Setelah cek di Makemac.com dan di Apple Support, jawaban dari permasalahan ini adalah harus dibongkar dan diganti chipset baru (ya semacam itulah) 

Kesalahan fatal saya adalah. Udah tau iOs 8.4 gak stabil, malah update ke 8.4.1 dan hasilnya adalah begini. Masih untung hpnya gak mati total.
Saya agak kecewa karena pas beli udah terupdate jadi iOs 8.3 jadi saya pikir yaudah lanjutin aja update terus. 

Ada beberapa yang bilang kalau iOs 8 gak stabil untuk 4s yang udah jadul. Mentok sampe iOs 7 aja lebih aman. Mau downgrade ke iOs 7, tapi akses untuk downgrade udah ditutup sama iPhone.

Jadi sekarang... ya saya harus merelakan setiap receh pulsa untuk dihibahkan ke kuota internet karena gak bisa mengandalkan wifi lagi. 

Kenapa beli iPhone 4s kalau udah tahu jadul dan ada resiko untuk rusak?
Pertama karena kamera iPhone 4s gak diragukan lagi bagusnya. Saya udah pernah pakai sebelumnya.
Saya bisa aja beli Android dengan budget 2jt (pas beli iPhone kemaren) Tapi saya gak yakin hasil kameranya akan bagus seperti iPhone yang meskipun cuma 8mp tapi  bagus. 

Iphone 4s gak akan bisa lagi di upgrade ke iOs 9 (nanti kalau muncul) mentok sampai iOs 8 dan itupun dengan segala risiko ketidakstabilan seperti contohnya yang terjadi di hp gue, mengalami wifi greyed out.

Ya mungkin ini  saatnya berganti ke iPhone 6s hahahaha
Saya masih menjadi fangirlnya Android. Masalahnya saya cuma mau pakai Android lagi kalau dibeliin yang flagship kayak Galaxy note atau seri S (sok-sokan, banyak mau!) 
Fans android yang kalau dikasih iPhone 5s gak bakal nolak sih hahaha
Intinya saya merangkul semua gadget dengan tangan terbuka dan penuh kehangatan, termasuk pada hp Windows, sayangnya belum punya kesempatan buat ngerasain pakai Windows Phone aja.

Sekian curhatan ini, bagi pengguna 4s apalagi 4 udah deh berpuas dengan iOs yang sekarang. Malah kalo perlu jangan update dari iOs 6karena itu yang paling cocok di 4s atau 4. 

Kalau ada yang tau cara downgrade jadi iOs 7 atau gimana caranya benerin wifi greyed out tanpa harus bongkar pasang alias mbayar tolong tinggalin komen ya, 

Terima Kasih selamat berakhir pekan!

No comments:

Post a Comment

Member of

Blogger Perempuan